Follow us on instagram

Sabtu, 08 April 2017

PSIKOLOGI PENDIDIKAN : Perkembangan Kognitif Anak

Kita mengartikan masa kanak-kanak sebagai waktu pertumbuhan dan perubahan yang istimewa, dan kita menginvestasikan sesuatu yang terbaik dalam memelihara dan mendidiknya. Sebagian anak berkembang seperti anak-anak lain pada umumnya, dan sebagian tidak.

v  Perkembangan dan Pendidikan
            Pengajaran yang sesuai dengan perkembangan, diterapkan pada tataran pengajaran yang tidak terlalu sulit dan membuat siswa merasa tertekan ataupun terlalu mudah dan membosankan untuk tingkat perkembangan anak. Perkembangan yang terpecah merujuk pada keadaan dimana perkembangan tidak merata diseluruh bidang (Horowitz & others, 2005).

·         Pengertian Kognitif
Istilah cognitive berasal dari kata cognition, yang berarti knowing atau mengetahui, yang dalam arti luas berarti perolehan, penataan, dan pengunaan pengetahuan (Neisser, 1976). Secara sederhana, dapat dipahami bahwa kemampuan kognitif adalah kemampuan yang dimiliki anak untuk berfikir lebih kompleks, serta kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Menurut Chaplin dalam Dictionary of Psycologhy karyanya, kognisi adalah konsep umum yang mencakup seluruh bentuk pengenalan, termasuk didalamnya mengamati, menilai, memerhatikan, menyangka, membayangkan, menduga, dan menilai.

v  Otak dan Pendidikan Anak
Pernyataan tegas tentang implikasi ilmu otak untuk pendidikan anak adalah pernyataan yang spekullatif dan sering kali berbeda dari apa yang diketahui oleh ilmuan tentang otak (Breur,1999). Otak mempunyai plastisitas (kelenturan) atau kemampuan untuk berubah yang tinggi, serta perkemabangannya bergantung pada pengalaman (Nelson,Thomas,dan de Haan,2006;Stetler&others,2006). Apa yang dilakukakn anak-anak bisa mengubah perkembangan otak mereka.


v  Proses Kognitif Piaget
Apakah proses yang terjadi pada anak anak ketika mereka membangun pengetahuan mereka tentang dunia?
Piaget Percaya bahwa Proses-proses ini sangatlah penting—skema,asimilasi dan akomdasi, organisasi serta ekuilibrasi.
Ø  Skema adalah sebuah konsep atau kerangka yang eksis di dalam pikiran seseorang yang dipakai uuntuk mengorganisasikan dan menginterpretasikan informasi.
Ø  Asimilasi adalah suatu proses mental yang terjadi ketika seorang anak memasukkan pengetahuan baru ke dalam pengetahuan yang sudah ada.
Ø  Akomodasi adalah suatu prses mental yang terjadi ketika anak menyesuaikan diri dengan informasi baru.
Ø  Organisasi adalah konsep Piaget tentang pengelompokan perilaku yang terpisah ke dalam system kognitif yang lebih tertib dan lancer; pengelompokan atau penataan perilaku ke dalam kategori-kategori. Penggunaaan organisasi mengingkatkan kemmapuan memori jangka panjang.
Ø  Ekuilibrasi adalah suatu mekanisme yang dikemukakan Piaget untuk menjelaskan bagaimana anak bergerak dari satu tahap pemikiran ke tahap selanjutnya. Pergeseran ini terjadi saat anak mengalami konflik kognitif atau disekuilibrium dalam usahanya untuk memahami dunianya. Pada akhirnya, anak memecahkan konflik itu dan mendapatkan keseimbangan pemikiran.
v  Tahap-Tahap Piaget
Piaget meyakini bahwa perkembangan kognitif terjadi dalam empat tahapan, masing-masing berhubungan dengan usia dan tersusuk dari jalan pikiran yang berbeda-beda. Menururt Piaget, semangkin banyak informasi tidak membuat pikiran anak lebih maju. Kuliatas kemajuannya berbeda beda. Tahapan Piaget adalah…
Ø  Tahap Sensorimotor (kelahiran – 2 tahun) dimana bayi membangun pemahana tentang dunia dengan mengordisikan pengalaman indra dengan gerakan motor.
Ø  Tahap Pra-Oprasional (2 – 7 tahun) dalam tahap ini pemikiran simbolis mengingkat tetapi pemikiran opersional belom ada. Tahap ini dibagi dua yaitu fungsi simbolis dan pemikiran intuitif.
Ø  Tahap Operasional Konkret (7 - 11 tahun) dalam tahap ini anak berpikir secara operasional dan penalaran logis menggantikan penalaran intuitif meski hanya dalam situasi konkret;kemampuan klasifikasi sudah ada tetapi belum bisa memahami problem astrak
Ø  Tahap Operasional Formal (11 - 15 tahun) dalam tahap ini pemikiran remaja lebih abstrak,idealistis dan logis.


Daftar Pustaka
Santrock, John W. 2004. Psikologi Pendidikan, Edisi ke 2. Diterjemahkan oleh Wibowo. Jakarta: Prenadamedia Group.
  Santrock, John W. 2004. Psikologi Pendidikan, Edisi ke 3. Diterjemahkan oleh Angelica. Jakarta: Salemba Humanika.
           

0 komentar:

Posting Komentar