Follow us on instagram

Kamis, 01 Desember 2016

Interaksi sosial

Hai guys, jadi kali ini saya mau bikin posting dari materi sewaktu saya di SMA mengenai Interaksi sosial. Udah gaasing dong untuk mahasiswa psikologi mengenal interaksi sosial.... jadi tiba tiba kepikiran guru yang ngajar sosiologi dan inilah hasil presentasi saya dulu mengenai interaksi sosial. Di 2 entry selanjutnya juga saya ingin membahas mengenai pembahasan sewaktu SMA.


Pengertian interaksi sosial
hubungan timbal balik antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok lainnya

Syarat-syarat interaksi sosial
A. Terjadi kontak sosial 

Kontak sosial adalah peristiwa terjadinya pertemuan atau saling berhubungan anara dua orang atau dua pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung.
B. Terjadi komunikasi sosial 

Komunikasi sosial adalah proses saling berhubungan antara dua orang/ pihak atau lebih dalam pikiran, perasaan, dan tindakan dengan menggunakan media atau alat tertentu.

Faktor-faktor pendorong interaksi sosial
Imitasi
suatu tindakan untuk meniru segala sesuatu yang ada pada orang lain.
Identifikasi
upaya yang dilakukan seseorang untuk menjadi sama (identik) dengan orang yang ditirunya, baik dari segi gaya hidup maupun perilakunya. Proses identifikasi tidak hanya terjadi pada peniruan pola perilaku saja, tetapi juga melalui proses kejiwaan yang sangat dalam.

Sugesti
rangsangan, pengaruh, atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sedemikian rupa sehingga orang yang diberi sugesti tersebut menuruti atau melaksanakan apa yang disugestikannya tanpa berpikir lagi secara kritis dan rasional. Sugesti dapat berwujud saran, pendapat, pertanyaan, dan iklan.
Motivasi
dorongan, rangsangan, pengaruh atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sedemikian rupa sehingga orang yang diberi motivasi tersebut menuruti atau melaksanakan apa yang dimotivasikan secara kritis, rasional, dan penuh tanggung jawab.
Simpati
sikap ketertarikan seseorang terhadap orang lain
Empati
sikap ketertarikan seseorang terhadap orang lain dan juga menjiwai keadaan orang lain tersebut


0 komentar:

Posting Komentar